Cara Mengajukan Saran Dan Perbaikan
Mengajukan Saran Perbaikan tentang Informasi yang Disampaikan secara Langsung
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, saran adalah pendapat berupa usul, anjuran, dan cita-cita yang dikemukakan untuk dipertimbangkan.
Mengajukan saran perbaikan adalah memberikan usulan perbaikan terhadap sesuatu, dalam bagian ini dibahas saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan langsung.
Informasi adalah pesan yang berisi keterangan tentang objek yang disampaikan kepada seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan mereka mengetahui dan memahaminya.
Secara umum informasi berupa pemberitahuan, pengumuman, penyuluhan, pengarahan, laporan, atau berita.
Sebelum memberikan saran, terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana seseorang dapat menyampaikan informasi secara langsung.
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyampaikan Informasi Secara Langsung
Hal-hal yang perlu diperhatikan agar dapat menyampaikan informasi secara langsung adalah sebagai berikut- Menyampaikan informasi secara lengkap dan sistematis sesuai dengan peristiwa sebenarnya.
- Memberikan contoh berupa data sebagai bukti untuk mempermudah pemahaman.
- Menggunakan bahasa sederhana dan efektif agar mudah dicerna.
- Tidak diperbolehkan menambahkan pendapat pribadi untuk memengaruhi pendapat orang lain.
Jika kita ingin memberikan saran perbaikan, jadilah pendengar yang kritis yang dapat menilai kelebihan dan kekurangan dari penyampaian informasi, baik berkaitan dengan isi informasi, cara penyampaiannya, dan bahasa yang digunakannya.
Langkah-Langkah Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyampaikan Saran
Sebelum menyampaikan saran ada langkah-langkah yang harus dilakukan, diantaranya yaitu- Mendengarkan terlebih dahulu secara saksama isi informasi.
- Mencatat pokok-pokok informasi atau menyusun ringkasan informasi.
- Merumuskan saran secara baik.
- Menyampaikan saran secara langsung dengan kalimat santun.
Hal-hal Yang Perlu Dilakukan Agar Saran Perbaikan Dapat Diterima Dengan Baik
Agar saran perbaikan dapat diterima atau ditanggapi dengan baik oleh penyampai informasi ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu- Bersikap objektif
Janganlah memberikan saran perbaikan kalau informasi memang sudah disampaikan dengan baik dan berikanlah saran perbaikan secara objektif bukan subjektif. - Langsung kepada sasaran
Saran perbaikan disampaikan pada poin yang memang harus diperbaiki: jangan bertele-tele. - Menggunakan bahasa yang santun
Penyampai informasi akan menerima saran seandainya saran tersebut disampaikan dengan bahasa yang santun. - Tanamkan bahwa tidak ada maksud untuk menggurui
Pemberi saran memposisikan diri bukan yang paling pandai atau lebih pintar dari penyampai informasi. Cuma memberi saran dan tidak bermaksud menggurui.
Mengajukan Saran Perbaikan tentang Informasi yang Disampaikan Melalui Telivisi atau Radio
Selain informasi yang disampaikan secara langsung atau tatap muka, informasi juga dapat disampaikan melalui siaran televisi atau radio.
Pada prinsipnya mengajukan saran perbaikan haruslah objektif, tepat sasaran, dan menggunakan bahasa yang santun.
Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Mengajukan Saran Pada TV atau Radio
Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio dan televisi adalah sebagai berikut:- Menyaksikan televisi atau mendengarkan radio dengan saksama.
- Mencatat pokok-pokok informasi secara cermat.
- Menyiapkan ringkasan.
- Merumuskan saran perbaikan secara baik dan tertulis.
- Mengirimkan saran perbaikan melalui surat, surel, telepon, atau faks.