Keunggulan SSD dibanding HDD, dan SSD Terbaik Merek Apa

Memori Penyimpanan

Sejak Microsoft mengeluarkan versi Windows 10 dan Windows 11, kebutuhan akan kecepatan membaca memori semakin meningkat. Hal ini dikarenakan memori Hardisk yang sebelumnya digunakan pada perangkat komputer tidak dapat membaca file-file sistem operasi secara cepat.

Hal ini sejalan dengan kebutuhan manusia untuk mengakses file memori secara lebih cepat. Solusi ini dikeluarkan oleh SunDisk pertama kali pada tahun 1991.

Meskipun secara umum sudah ada gambaran akan teknologi pembacaan memori yang cepat, hal itu tidak dapat langsung direalisasikan, karena Solid State Drive (SSD) pertama hanya mampu menyimpan data sebesar 20 MB dalam konfigurasi PCMCIA, selain itu biayanya juga mahal. Saat itu SSD SunDisk tersebut dijual OEM sekitar $1.000 dan SSD ini pertama digunakan oleh IBM di laptop ThinkPad.

Sebelumnya SSD disempurnakan dalam teknologi EFDs, ini yang menyebabkan nama SSD sempat tenggelam pada tahun 2000-an. Enterprise Flash Drive (EFDs) dirancang khusus untuk penerapan aplikasi yang membutuhkan kinerja I/O (IOPS) tinggi, keandalan, efisiensi energi dan kinerja yang konsisten. Setelah berjalannya waktu dan kebutuhan Sistem Operasi Windows 10 saat itu, maka teknologi SSD kembali diangkat.


Pengertian SSD

Solid-state drive (SSD) adalah sebuah perangkat penyimpanan non-volatile yang menyimpan data persisten pada memori flash solid-state, dengan menggunakan rakitan rangkaian terpadu sebagai penyimpanan data secara terus-menerus, menggunakan memori kilat, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder pada penyimpanan komputer.


Keunggulan dan Kekurangan SSD

Saat ini sebagian besar produk laptop dan komputer sudah menggunakan SSD, meski harga SSD lebih mahal dari Hardisk. Dengan melihat pangsa pasar komputer saat ini, kebutuhan akan keandalan komputer diutamakan dibanding kebutuhan memori besar. Hal ini terlihat dari laptop dan komputer yang beredar di pasaran saat ini memiliki kapasitas memori yang kecil dengan menggunakan teknologi SSD. Anda dapat mengecek spesifikasi laptop atau PC yang sesuai kebutuhan Anda pada website bhinneka.


Kelebihan SSD

SSD merupakan teknologi baru dari media penyimpanan Hardisk. Kelebihan dari SSD adalah
  1. Kecepatan baca tulis yang lebih baik dan cepat
  2. Proses booting lebih cepat dan kinerja yang lebih baik
  3. Lebih tahan terhadap goncangan
  4. Tidak cepat panas
  5. Menggunakan lebih sedikit daya
  6. Tidak menimbulkan suara bising karena tidak ada bagian yang berputar


Kekurangan SSD

SSD juga memiliki kekurangan atau kelemahan, diantaranya sebagai berikut
  1. SSD lebih mahal dari HDD
  2. Karena SSD yang menggunakan chip flash memori yang hanya dapat ditulis beberapa kali, sehingga memiliki umur pakai yang lebih pendek dari HDD
  3. Kinerja SSD menurun seiring waktu dikarenakan keterbatasan jumlah siklus tulis.
  4. Karena harganya yang lebih mahal, SSD tersedia dalam ukuran yang lebih kecil, misalnya 128GB.
  5. Jika chip SSD rusak, dapat berisiko merusak data
  6. Dikarenakan metode tulis yang menggunakan sel, maka kemungkinan data yang terhapus tidak dapat dipulihkan


Cara Kerja SSD

SSD membaca dan menulis data menggunakan Floating Gate Transistor (FGT) sebagai penahan muatan listrik ke kumpulan chip memori flash. SSD dapat menyimpan data meskipun tidak terhubung ke sumber daya. FGT berisi bit-bit data, yang bernilai 1 untuk sel bermuatan dan 0 untuk sel tidak bermuatan listrik. SSD hanya dapat menulis ke blok kosong.


Macam-macam Cara SSD Menulis Data Ke Memori Utama

Terdapat tiga jenis cara SSD untuk menulis ke memori utama. Hal ini ditentukan dari jenis SSD yang digunakan. Ketiga cara tersebut adalah penulisan sel single-level, multi-level, dan triple-level.

Sel single-level adalah kemampuan SSD menulis data satu bit data pada satu waktu. Jenis ini merupakan SSD yang paling mahal, tetapi juga yang tercepat dan paling tahan lama.

Sel multi-level adalah kemampuan SSD menulis dan menampung dua bit data per sel. Jenis ini memiliki jumlah ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan jumlah kapasitas yang sama dengan single-level. Kekurangan jenis ini adalah kecepatan penulisan yang lebih lambat.

Sel triple-level adalah kemampuan SSD untuk menampung tiga bit data dalam sel. Jenis ini adalah jenis yang paling murah. Kekurangan jenis ini adalah kecepatan tulis yang lebih lambat dan kualitas yang lebih rendah dibanding kedua jenis di atas.


Jenis-jenis SSD

SSD mSATA III, SATA III

Serial Advanced Technology Attachment (SATA) adalah antarmuka yang dirancang untuk menghubungkan host bus adapter sebagai perangkat penyimpanan massal. Umumnya SATA sering kita temukan pada hard disk drive dan optical drive.

SATA memiliki kecepatan hingga 6 GBit/s atau sekitar 600 MB per detik. Belakangan ini fungsi optical drive (DVD) telah dihilangkan, sehingga mulai ada pergeseran pada serial SSD SATA dengan SSD NVME, yang diclaim dapat lebih cepat.


PCIe dan NVMe SSD

PCI Express (PCIe) adalah serial yang digunakan untuk menghubungkan kartu grafis, kartu jaringan, dan periferal. PCIe diklaim memiliki kinerja yang lebih baik dibanding SATA. Antarmuka ini memberi kinerja bandwidth yang lebih tinggi dengan latensi yang rendah. Ini menjadikan serial PCIe lebih cocok pada SSD dan CPU/RAM di komputer.


Merek SSD Terbaik

Terakhir saya akan memberikan rekomendasi SSD terbaik. Yang disebut terbaik disini memang cukup mahal. Tapi saya cuma merekomendasikan ya. SSD terbaik ada pada merek samsung, yaitu 980 Pro PCIe 4.0NVMe, dengan spesifikasi memiliki kecepatan baca / tulis hingga 7000 MB, 12,7x lebih cepat dari SSD pada umumnya, didukung update firmware dari samsung, sangat sesuai untuk komputer besar, memiliki resolusi grafik yang bagus cocok untuk PC Gaming, dapat digunakan pada PS5.