Mengenal Struktur dan Kebahasaan Teks Iklan

Struktur Iklan

Teks iklan bisa berbentuk teks yang dapat dibaca atau didengar dan yang tidak dapat dibaca atau didengar, yakni berupa audiovisual. Oleh karena itu, teks iklan termasuk dalam jenis genre makro yang kompleks.

Secara konteks, struktur iklan ada yang dapat dianalisis ada pula yang tidak.

Di dalam iklan terdapat unsur-unsur yang meliputi
  1. Judul (headline) dan subjudul
  2. Teks inti (body copy/body text)
  3. Logo (signature line)
  4. Foto produk illustrasi
  5. Standing details

Unsur-unsur di atas pada kenyataannya tidak selalu berurutan karena pembuatan iklan melibatkan kreativitas pembuatnya agar bisa menjadi daya tarik publik.


Mengenal Struktur Iklan Pada Media Cetak

Yang paling mudah diamati adalah struktur iklan pada media cetak, adalah sebagai berikut:


1. Judul (headline) dan subjudul (subheadline)

Letak judul (headline) dan subjudul (subheadline tidak selalu pada bagian awal tulisan dan harus mengatakan sesuatu yang sangat penting kepada para calon pembeli.


2. Body text

Body teks berisi penjelasan tentang produk atau keunggulan barang atau jasa yang ditawarkan.


3. Perluasan (amplifikasi)

Perluasan atau amplifikasi adalah penjelasan lebih rinci tentang produk atau barang/jasa yang ditawarkan.

Untuk produk yang mahal seperti mobil, rumah, dan lain-lain biasanya diperlukan body text atau amplifikasi iklan.


Secara prinsip sebuah teks strukturnya terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup yang harus dirangkai sedemikian rupa guna membentuk sebuah teks yang utuh dan menarik.

Penjelasan Orientasi, Tubuh Iklan, dan Justifikasi, Pada Teks Iklan

Dalam teks iklan dinamakan orientasi, tubuh iklan (body text), dan justifikasi, penjelasannya antara lain sebagai berikut:


1. Orientasi

Orientasi adalah pendahuluan berupa logo, judul, dan subjudul.

Meski letak orientasi tidak selalu di awal tulisan, bagian ini harus mengatakan sesuatu yang sangat penting.

Judul harus dibuat menarik dan biasanya dicetak tebal atau lebih besar dari teks lainnya sebagai eyecatching atau penangkap perhatian.

Subjudul dibuat jika judul cukup panjang yang berfungsi untuk mempermudah pemahaman teks.


2. Tubuh Iklan

Tubuh iklan atau body text merupakan penjelasan tentang produk atau keunggulan produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Pada tubuh iklan kadang terdapat perluasan atau amplifikasi tentang penjelasan yang lebih rinci dari produk.


3. Justifikasi

Justifikasi adalah bagian penutup iklan.

Pada bagian justifikasi terdapat pembenaran dan tertulis organisasi atau perusahaan yang menyampaikan iklan.


Bagan Struktur Teks Pada Iklan

Berikut ini adalah bagan struktur teks iklan.

Bagan struktur teks iklan

Contoh Struktur Iklan Lengkap Penjelasan

Berikut ini adalah contoh struktur iklan Speedy

Struktur Teks Teks
Orientasi speedy KINI LEBIH SUPER CEPAT
PLUS KONTEN LEBIH HEBAT
Discount 50% + Subsidi modern.
Tubuh Iklan Dengan kecepatan super SPEEDY akan membawa anda menjelajah dunia maya lebih super cepat plus dapatkan konten super istimewa.
Justifikasi Telkom Indonesia.

Selain struktur, teks iklan juga memiliki kaidah kebahasaan yang khas, yaitu penggunaan kalimat fakta dan opini, karena sebuah iklan sangat erat hubungannya dengan kedua kalimat yang saling berlawanan tersebut.

Kalimat fakta adalah kalimat yang berisikan hal-hal nyata dan tidak ada keraguan lagi dalam kebenarannya karena sesuai dengan apa yang ada dan bersifat objektif, sedangkan kalimat opini adalah kalimat yang berisi pernyataan perorangan yang mengungkapkan pandangan, perasaan yang sifatnya subjektif.