Apa Yang Dijamin Pada Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi tanggung gugat disebut juga dengan liability insurance. Asuransi tanggung gugat adalah asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada tertanggung akibat kesalahan atau kelalaiannya yang secara hukum dapat dituntut karena mengakibatkan kerugian kepada pihak ketiga.


Terdapat beberapa macam asuransi tanggung gugat diantaranya adalah
  1. Public Liability (tanggung gugat umum)
  2. Product Liability (tanggung gugat atas produk yang dihasilkan)
  3. Employers Liability (tanggung gugat hukum majikan kepada karyawannya)
  4. Automobile Liability (tanggung gugat atas kendaraan bermotor)
  5. Public and Product (Comprehensive General Liability)

1. Public Liability

Asuransi tanggung gugat yang memberikan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga secara umum.

Apa saja yang dijamin dalam public liability?

Jaminan yang diberikan berupa kompensasi atas tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang dibayarkan dengan cara kompensasi beserta biaya-biaya yang dibebankan kepada tertanggung sehubungan dengan luka badan yang dialami pihak ketiga dan kerugian atau kerusakan properti milik pihak ketiga yang timbul karena kejadian dalam batas wilayah dan terkait pelaksanaan usaha tertanggung dalam priode asuransi.


2. Product Liability

Asuransi tanggung gugat yang memberikan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga atas produk yang dihasilkan.

Apa saja yang dijamin dalam product liability?

Jaminan kompensasi atas tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang dibayarkan dengan cara kompensasi beserta biaya-biaya yang dibebankan kepada tertanggung sehubungan dengan luka badan pihak ketiga atau kerugian properti milik pihak ketiga yang timbul dari sifat, kondisi, atau kualitas setiap produk tertanggung sehubungan dengan dan dalam batas wilayah dan terkait dalam pelaksanaan usaha tertanggung di dalam priode asuransi.


3. Employers Liability

Asuransi tanggung gugat yang memberikan tanggung jawab hukum majikan kepada karyawannya.

Apa saja yang dijamin dalam employers liability?

Kompensasi atas tanggung jawab hukum majikan kepada karyawan yang dikarenakan oleh kecelakaan atau penyakit yang timbul dari dan dalam masa kerja yang disebabkan selama periode asuransi dan timbul dalam masa kerjanya dengan tertanggung.

4. Automobile Liability

Asuransi tanggung gugat yang memberikan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga perihal kendaraan bermotor.

Apa saja yang dijamin dalam automobile liability?

Jaminan ini pada dasarnya sama dengan perluasan jaminan tanggung jawab hukum kendaraan bermotor pada pihak ketiga. Pada section 2 jaminan ini, membolehkan jika tertanggung menginginkan limit yang lebih besar pada perluasan jaminan TJH (Tanggung jawab hukum) polis kendaraan bermotor.


5. Public and Product Liability

Asuransi tanggung gugat yang memberikan tanggung jawab hukum secara menyeluruh. Merupakan gabungan dari public liability dan product liability beserta tanggung jawab periklanan. Jaminan ini dapat diperluas dengan employers liability dan automobile liability.

Beberapa hal yang menjadi catatan penting pada public and product liability adalah maksimum pergantian adalah sesuai limit dalam polis, tanggung jawab tertanggung terhadap pihak ketiga adalah tanggung jawab secara hukum, tertanggung tidak dapat memberikan pengakuan bertanggung jawab kepada pihak ketiga tanpa persetujuan dari penanggung, syarat dan kondisi lainnya harus sesuai pada wording polis masing-masing, batas wilayah jaminan mengecualikan USA dan Kanada dapat diperluas dengan tambahan premi.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan pihak asuransi terkait polis ini adalah jenis usaha, lokasi, turn over atau penghasilan kotor, target pasar, tingkat aktivitas (misalnya pad hotel, diskotik, restaurant, dan sebagainya), dan masih banyak lagi.