Contoh Membuat Laporan Hasil Kunjungan dan Laporan Diskusi
Laporan Hasil Kunjungan
Setelah kalian mengadakan kegiatan kunjungan, baik dari seseorang atau sekelompok orang ke suatu objek, maka dibuatlah laporan hasil kunjungan.
Kegiatan kunjungan ini bersifat resmi karena bertujuan sebagai tugas ilmiah bukan sekadar mencari kesenangan atau hiburan wisata semata.
Contoh kegiatan kunjungan adalah kegiatan mencari informasi suatu pekerjaan, benda, atau kerja sebuah alat.
Kegiatan kunjungan biasa disebut juga sebagai kegiatan studi banding atau studi tur.
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Kegiatan Kunjungan Seperti Studi Banding atau Studi Tur
Hal-hal yang dilakukan saat melakukan kegiatan kunjungan adalah:
- Mengumpulkan data, diantaranya seperti
- Data tertulis
- Gambar, atau
- Rekaman melalui observasi objek
- Melakukan wawancara kepada narasumber baik spontan maupun direncanakan untuk memperoleh informasi lengkap.
- Menggali data dari dokumen tulis yang tersedia sehingga ditemukan kesamaan (konfirmasi) antara data pengamatan, wawancara, dan dokumen.
Sistematika Penyusunan Laporan Kunjungan Kegiatan
- Data tertulis
- Gambar, atau
- Rekaman melalui observasi objek
Berikut ini adalah contoh sistematika penyusunan laporan hasil kunjungan.
Laporan Hasil Diskusi
Diskusi adalah pertemuan ilmiah yang dihadiri oleh dua orang atau lebih untuk berunding atau bertukar pikiran terhadap suatu topik permasalahan, menentukan sebab, dan mencari penyelesaiannya sehingga diperoleh pemahaman dari topik tersebut sebagai kesepakatan.
Simpulan dalam hasil diskusi seharusnya menjadi jalan keluar yang terbaik terhadap permasalahan yang dibahas dalam diskusi tersebut.
Simpulan juga dapat menjadi alternatif jawaban sebagai jalan keluar dari permasalahan yang dibahas.
Tahap-tahap Pelaksanaan Diskusi
Tahap-tahap pelaksanaan diskusi adalah sebagai berikut:- Persiapan
Dalam tahapan persiapan ditentukan tema, latar belakang, permasalahan, tujuan, peserta, petugas, makalah, narasumber, jadwal kegiatan, sarana, dan prasarana. - Pelaksanaan
Dilakukan diskusi berupa penyampaian permasalahan dan pembahasan sampai memeroleh simpulan. - Penyusunan laporan
Selesai diskusi dilakukan penyusunan laporan yang meliputi kegiatan merumuskan hasil diskusi dan melaporkan kepada pihak terkait.
Laporan hasil diskusi merupakan catatan yang menginformasikan secara lengkap tentang pelaksanaan diskusi, masalah yang dibahas, dan hasil yang diperoleh.
Laporan hasil diskusi disampaikan kepada pihak-pihak pendukung atau pemerhati pelaksanaan diskusi, diantaranya seperti- Pihak yang memberi izin berlangsungnya diskusi
- Pihak pendana, atau penyedia sarana dan prasarana
Laporan diskusi memiliki fungsi diantaranya sebagai
- Informatif
- Dokumentatif
- Evaluatif
Diskusi memiliki banyak macamnya, diantaranya
- Diskusi terbuka
Beberapa contoh diskusi terbuka seperti- Simposium
- Panel
- Seminar
- Debat
- Kongres
- Diskusi tertutup
Beberapa contoh diskusi tertutup seperti- Komisi
- Konfrensi
- Santiaji
- Dan sebagainya
Setelah selesai acara diskusi, maka dibuatlah laporan diskusinya, masing-masing jenis diskusi tadi tidak ada format yang khusus untuk standar pembuatan laporan.
Laporan hasil diskusi memiliki format yang bergantung kepada pihak yang meminta laporan, jadi tidak ada pola yang baku sebagai acuan standar penulisan laporan diskusi.
Secara umum laporan diskusi dapat disusun seperti gambar berikut: