Macam-macam Bentuk Pasar
Pengertian Pasar
Apa yang dimaksud dengan pasar ?
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Dalam era modern saat ini, pasar tidak hanya tentang tempat dimana penjual dan pembeli bertamu untuk melakukan transaksi, bahkan ketika penjual dan pembeli tidak saling bertemu tapi melakukan transaksi juga sudah dapat disebut terjadinya pasar.
Jika kita melihat dari segi organisasinya, maka pasar dapat dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah- Pasar persaingan sempurna
- Pasar monopolistik
- Pasar oligopoli
- Pasar monopoli
Macam-macam Bentuk Pasar
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah sebuah struktur pasar dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan yang menghasilkan barang atau memberikan pelayanan dengan pembeli di pasar dengan produk yang dijual relatif sama atau bersifat homogen.
Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri sebagai berikut:- Jumlah penjual dan pembeli banyak
- Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen
- Bebas keluar-masuk pasar
- Harga tidak dapat dipengaruhi
- Semua pihak mengetahui informasi pasar secara sempurna

Ada dua syarat yang harus dipenuhi supaya perusahaan berada dalam keadaan keseimbangan, syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:
- Berproduksi saat VC(Variable Cost) = TR(Total Revenue) atau AVC(Average Variable Cost) = P(Price), apabila AVC lebih kecil daripada P, maka sebaiknya produksi berhenti.
- Berproduksi ketika MR(Marginal Revenue) = MC(Marginal Cost) agar perusahaan memperoleh laba maksimum.
2. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar monopolistik kadang-kadang disebut sebagai pasar persaingan monopolistik atau pasar monopolistis.
Apa itu pasar monopolistik ?
Pasar monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa atau sama tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:- Dalam industri terdapat banyak perusahaan
- Produk yang dihasilkan homogen namun terdiferensiasi
- Ada merek produk yang mendominasi pasar
- Produk yang dihasilkan dapat saling menggantikan
- Kurva permintaan yang dihadapi sangat landai
- Konsumen memiliki kebebasan memilih produk
3. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah salah satu dari pasar persaingan tidak sempurna, yang mana hanya terdapat beberapa produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar.
Ciri-ciri yang dimiliki pasar oligopoli adalah sebagai berikut:- Antara satu produsen dengan produsen lainnya saling tergantung
- Konsumen kurang memiliki pilihan
- Hanya ada beberapa produsen yang membuat produk
- Pasar tidak begitu luas
4. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual saja yang menguasai pasar.
Pada pasar monopoli, penentu harga dilakukan oleh seorang penjual atau sering disebut sebagai monopolis.
Ciri-ciri yang dimiliki pasar monopoli adalah sebagai berikut- Produsen menetapkan sendiri harga barang
- Konsumen tidak memiliki pilihan
- Hanya ada satu produsen yang menghasilkan barang
- Tidak ada barang yang dapat menggantikan