Tips Aman Jika Ingin Cicilan Rumah Langsung ke Developer

Saat ini kebutuhan membeli rumah mengalami peningkatan. Tak heran jika banyak muncul pengembang yang memberikan kesempatan memiliki rumah dengan biaya cicilan yang ringan.

Beberapa orang memilih membeli rumah dengan harga yang lebih murah. Mungkin hal ini dikarenakan keterbatasan dana yang dimiliki. Padahal hal ini dapat menjadi bahaya jika kita tidak memilih secara tepat.

Saat ini sedang marak pembelian rumah melalui pihak developer. Memang membeli secara langsung dari pihak developer atau pengembang lebih murah dan tidak bertele-tele. Tidak heran banyak orang yang melirik pemberian kredit dari developer. Penting untuk kalian tahu bahwa apa yang mejadi keuntungan dan kerugian dari Kredit developer dan kredit KPR.

Dikarenakak pansa pasar pembelian rumah saat ini sedang naik. Tak heran jika ada pihak yang ingin memanfaatkan hal ini untuk berbuat nakal.

Dilansir dari detik.com, dengan tajuk Merugi Rp 8,5 M, Warga Bogor Laporkan Pengembang Nakal ke Polda Jabar, adanya dugaan developer perumahan nakal. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa pihak pengembang menjanjikan kepada korban bahwa pembangunan rumah akan dilaksanakan secara bertahap selama 12 bulan dan bangunan tersebut akan diserahterimakan dalam waktu 3 bulan. Untuk tiap unit rumah type 30/60 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 148,5 juta hingga Rp 193 juta dengan angsuran cicilan selama 5 tahun. Perumahan tersebut juga akan dilengkapi kolam renang, masjid, sekolah, area rekreasi dan masih banyak lagi. Konsumen yang tertarik membeli rumah tersebut ada yang secara kredit dan tunai. Belakangan diketahui pihak pengembang tidak kunjung membangun perumahan serta fasilitas yang telah dijanjikannya tersebut, lebih parahnya lagi diketahui bahwa developer diduga belum memiliki hak atas tanah, baik atas nama pribadi pemilik berupa Sertifikat Hak Milik(SHM) maupun atas nama perusahaan berupa Hak Guna Bangunan(HGB) yang menaunginya.

Tentunya kita tidak ingin hal serupa terjadi lagi. Oleh karena itu kita akan membahas tips aman jika membeli rumah dari developer.

Sebelum membeli rumah dari developer. Ada beberpa hal yang perlu Anda pastikan supaya terhindar dari developer nakal.

Sebelum membeli atau kredit rumah dari developer, sebaiknya Anda melakukan periksa kredibilitas dan track record dari developer tersebut.

Pastikan developer tersebut terdaftar pada Perusahaan Real Estate di Indonesia (REI). REI merupakan satu-satunya organisasi pengusaha real estat yang bergerak di dalam wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

REI merupakan perusahaan properti yang bergerak dalam bidang penyediaan, pengadaan, pematangan tanah bagi keperluan usaha-usaha industri, dan industri pariwisata.

Kemudian penting juga buat Anda untuk melakukan pengecekan secara langsung ke lokasi properti. Ini dapat membantu Anda untuk memastikan bentuk asli dari proyek terkait.

Pastikan juga pihak developer memiliki contoh bangunan yang menjadi proyeknya. Jika tidak ada, Anda dapat melakukan transaksi di depan pejabat pembuat akta tanah(PPAT) atau Notaris. Hal ini penting agar Anda memiliki kekuatan hukum yang kuat.

Minta juga di perlihatkan bukti dokumentasi proyek yakni Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Anda juga harus memastikan keabsahan IMB tersebut di kantor pertanahan setempat.

Terakhir adalah cari tahu rekanan Bank yang bekerja sama dengan developer tersebut. Developer besar yang bagus dan terpercaya harusnya memiliki rekanan Bank.


Developer Property Terbaik dan Terpercaya di Jakarta

Beberapa Developer property yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak bagus diantaranya


Agung Podomoro

Agung podoromo merupakan pengembang dengan misi menjadi terdepan, terintegrasi, serta terpercaya. Agung Podoromo telah bediri lebih dari 50 tahun sebagai membangun dan merancang properti. Projek Agung Podoromo adalah Grand Transit Oriented Development (TOD).


Agung Sedayu Group

Agung Sedayu Group adalah perusahaan pengembang properti terkemuka yang berpusat di Jakarta dan telah berdiri sejak 1971. Perusahaan ini memiliki rekam jejak yang bagus. Salah satu projek Agung Sedayu Group adalah PIK2.


PT. Ciputra Residence

PT. Ciputra Residence adalah unit usaha naungan Grup Ciputra , yang berfokus pada pengembangan hunian skala besar dan mixed-use development sejak tahun 1989. Proyek pertama PT. Ciputra Residence adalah CitraGarden City.